MEMPERKUAT KINERJA PEMASARAN USAHA LAUNDRY DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI INTERVENING
Abstract
Perkembangan usaha laundry saat ini berkembang pesat mengiringi pertumbuhan
jumlah penduduk yang semakin meningkat. Tujuan penelitian untuk mengetahui
bagaimana pelaku usaha laundry dapat meningkatkan daya saing dan teknik pemasaran
melalui inovasi layanan. Populasi penelitian adalah 317 outlet laundry di Kota Serang,
ukuran sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 76 responden. Analisis data
yang digunakan adalah model analisis jalur. Hasil uji hipotesis 1 menunjukan tidak
terdapat hubungan antara inovasi layanan secara parsial terhadap kinerja pemasaran.
Hipotesis 2 menunjukan bahwa adanya dampak yang signifikan antara inovasi layanan
secara tidak keseluruhan terhadap keunggulan bersaing. Hipotesis 3 menunjukan
dampak yang signifikan keunggulan bersaing secara parsial terhadap kinerja pemasaran.
Perusahaan diharapkan untuk meningkatkan inovasi layanan yang tepat dan sesuai
dengan kondisi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing