PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU UHT CIMORY (STUDI KASUS DI KABUPATEN BOGOR
Abstract
Adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mencari jawaban atas Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Susu UHT Cimory di Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan kuesioner. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Model analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan sebesar 42,2% variabel Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga dapat menjelaskan Keputusan Pembelian, sedangkan sebesar 57,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini. Hasil uji F menghasilkan Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji t menghasilkan Citra Merek dan Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,967 dan 0,310 > 0,05. Sedangkan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian adalah Harga.
References
Amilliya, F., & A. E. Yulianto. (2023). Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Cimory UHT (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 12. (4).
Kotler, P., & K. L. Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Maupa, H. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 16(2), 135-168.
Prasastiningtyas, T. R., & Djawoto, D. (2016). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian kartu seluler. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7).
Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen pada produk stuck original. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 139-149.
Supangkat, A. H., & Supriyatin, S. (2017). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian tas di intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D,. Bandung : Alfabeta,
Sulastri & P. Puspasari. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup Sehat, dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bear Brand. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis.
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk merek eiger (kajian pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73-83.
DOI: 10.33633/jpeb.v3i2.2298