ANALISIS PERSEPSI KAMPUS TERHADAP KEPUTUSAN CALON MAHASISWA DALAM MENENTUKAN PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS RAHARJA

  • ahmad rasyiddin Universitas Tangerang Raya
  • Handy Januar Permana Universitas Tangerang Raya
  • Hurian Kamela Universitas Tangerang Raya
Keywords: Persepsi, Keputusan Pembelian, Pendidikan

Abstract

Pendidikan pada perguruan tinggi tentunya akan memberikan banyak manfaat untuk masa depan baik itu dari segi finansial maupun ekonomi. Dalam memilih tempat untuk kuliah,  mahasiswa/i memiliki kriteria evaluasi diantaranya adalah faktor kualitas produk, lokasi, harga, promosi, kenyamanan, kelengkapan sarana dan prasarana dan  pelayanan. Universita Raharja adalah salah satu perguruan tinggi di KotaTangerang dan dapat dijadikan salah satu pilihan tempat kuliah mahasiswa/i. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis deskriptif dengan menyebarkan survei untuk menggali informasi  dari para responden, yaitu mahasiswaUniversitas Raharja. Program Pendidikan, 53,3% (16 orang) dari  responden juga memilih Universitas Raharja karena. Biaya yang terjangkau dibanding kompetitor, yaitu dilakukan oleh 40% responden.  Begitu pula dengan jarak 6,7% responden. Program Pendidikan yang ada di Universitas Raharja adalah Program Pendidikan Favorit di kalangan Mahasiswa/i baru TA.2022/2023.

References

Angipora, P.M. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arifin, Z.A.S., Sumarwan U., Najib M. (2017). Analysis of Factors Influencing Decisions Choosing the Graduate Program. Tesis. Institut Pertanian Bogor.

Artini, I.D.A.J., Kirya, I.K., Suwendra IW. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, Volume 2 (2014).

Engel, J.F., Blackwell, R.D., Miniard, P.W., (1995). Perilaku Konsumen. FX

Budiyanto, penerjemah. Jakarta: Binarupa Aksara. Terjemahan dari: Consumer Behaviour, Ed ke-6 jilid 2.

Erdawati. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Promosi terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIE Pasaman Simpang Empat. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi,Volume 2 (2014), 153-159.

Harahap, F., Satriawan, R.A., Hanif, R.H.A. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Akuntansi sebagai Tempat Kuliah di Universitas di Kota Pekanbaru. JOM. FEKON. Volume 1 (2015), 1-12.

Harwani, Y., Budi, S., Rita, N., Gendut, S. (2018). Brand Name and Customers’ Intention. European Research Studies Journal, Volume XXI, Issue 3 (2018), pp. 299- 315.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung (ID): Alfabeta.

Kotler, P. (2002). Manajmen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Marjanovic, B., Pavlovic, D.K. (2018). Factors Influencing The High School Graduates’ Decision To Study Abroad: Toward A Theoretical Model. Journal of Contemporary Management Issues. Management, Volume 23 (2018), 221-241.

Published
2023-08-30
How to Cite
rasyiddin, ahmad, Permana, H., & Kamela, H. (2023). ANALISIS PERSEPSI KAMPUS TERHADAP KEPUTUSAN CALON MAHASISWA DALAM MENENTUKAN PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS RAHARJA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(02), 109-116. https://doi.org/10.47080/jmb.v5i02.2546