PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

  • Eha Ramadhani Universitas Banten Jaya
Keywords: Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), Nett Profit Margin (NPM), Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Return Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return Saham Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan variabel kontrol berupa Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11 dari 18 saham perusahaan sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2017 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara parsial variabel Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return Saham meski telah dikontrol dengan Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan, Return On Equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham dengan dikontrol dengan Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan, dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return Saham meski telah dikontrol dengan Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan. Kemudian ditemukan bahwa secara simultan Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham dengan dikontrol oleh Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan. Hasil analisis Adjusted R Square sebesar 0,370 yang menunjukkan bahwa Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) dengan dikontrol oleh Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan mampu memberikan kontribusi terhadap Return Saham sebesar 37%, sementara 63% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

References

Adnyana Usadha, I Putu dan Gerianta Wirawan Yasa. 2008. ’’Analisis manajemen Laba dan
Kinerja Perusahaan Pengakuisisi sebelum dan sesudah Merger dan Akuisisi di Bursa
Efek Indonesia’’. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar.
Andriyani, Ni Ketut. 2008. ’’Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Mekanisme
Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage pada Kualitas Laba (Studi
pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2003
2007)’’. Skripsi, Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar
Ardiati, Aloysa Yanti. 2005. ”Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Perusahaan yang
diaudit oleh KAP Big 5 dan KAP Non Big’’. Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya.
Belkaoui, Ahmed Riahi. 2004. Teori Akuntansi. Buku 1, Jakarta: Salemba Empat Lima
Dewi, Made Sri Utami. 2008. ’’Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi
pada Perusahaan Go Public di PT.BEI’’. Skripsi, Sarjana Jurusan Akuntansi, Fakultas
Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar.
Sukarta A.2020, Analisis Pengembangan Corporate Value berdasarkan
Keputusan Investasi dan Pendanaan,Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis Prodi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Banten Jaya Banten.
Published
2021-08-31
How to Cite
Ramadhani, E. (2021). PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(02), 134-169. https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis