E-COMMERCE DORONG PEREKONOMIAN INDONESIA, SELAMA PANDEMI COVID 19 SEBAGAI ENTREPRENEUR MODERN DAN PENGARUHNYA TERHADAP BISNIS OFFLINE
Abstract
Banyaknya sektor di bisnis online, membuat pelaku usaha yang ingin berinvestasi perlu menerka-menerka bisnis-bisnis online apa saja yang popular dan menguntungkan di era pandemi covid 19 saat ini, seperti e-commerce, edutech dan kesehatan. sektor-sektor bisnis startup yang justru karena pandemi ini mengalami kenaikan bisnis yang signifkan dimana platform-platform kesehatan online seperti Halodoc menjadi populer karena membantu publik yang hanya ingin mengkonsultasikan dan diagnosis kesehatan secara online.
Bisnis e-commerce juga menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi di masa pandemi ini, mengingat masyarakat takut berbelanja secara langsung sehingga untuk pembelian beberapa kebutuhan dilakukan secara online melalui platform-platform e-commerce. Selain platform-platform bisnis e-commerce nasional yang sudah mapan, saat ini juga bermunculan platform-platform e-commerce lokal terutama untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pokok. Anak-anak muda di beberapa kota membuat platform-platform e-commerce lokal untuk membantu proses pembelian barang dari konsumen ke pasar. Berikutnya ada bisnis startup collaboration tools seperti aplikasi Zoom dan GotoMeeting yang menjadi populer di era pandemi covid 19. Peluang di sektor ini diambil oleh perusahaan-perusahaan asing mengingat di Indonesia sendiri masih sedikit atau bahkan tidak ada pelaku yang memanfaatkan peluang di bisnis startup collaboration tools.
Masyarakat semakin menghindari tempat umum dan toko ritel offline, sehingga penjualan online untuk beberapa sektor meningkat. Dilansir dari neilpatel.com, conversion untuk sektor makanan, kesehatan, dan farmasi meningkat signifikan. Sektor makanan mengalami peningkatan 55%, kesehatan 19%, dan farmasi 11%. Di Amerika Serikat sendiri, penjualan online diprediksi akan mengalami peningkatan hingga 12% dari total spending-nya di tahun 2020.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dibalik bisnis online e-commerce banyak manfaatnya ternyata masih banyak dampak bagi para pembisnis offline lainnya yang tidak menggunakan media sosial sebagai sarana bisnisnya.
References
[2] Ummasyroh, Yusnizal Firdaus, Titi Andriyani(2020), Penerapan Marketing 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Kegiatan Promosi Pemasaran Politeknik Negeri Sriwijaya, P- ISSN: 2579-969x, E- ISSN: 2622-7940, 2020
[3] Yasundari (2016), Hubungan Penggunaan Instagram Dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) Dalam Meningkatkan Produktivitas, Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 4, No. 2, Desember 2016, Hlm 208-218
[4] Tira Nur Fitria (2017), Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol. 03 No. 01, Maret 2017, Issn : 2477-6157
[5] Denny Anggriawan, Temy Setiawan (2018), Analisis Pendapatan Dan Biaya Relevan Pada Peralihan Bisnis Offline Toonline (Studi Kasus Pada Toko Fashion Hproject), Universitas Bunda Mulia, Jakarta, 5-6 September 2018, E-Issn No: 2622-7436
[6] G. Rani, Ph.D, Dr.C.Natarajan (2020), Women Entrepreneurship In India, ISSN: 2394-3114, Vol-40 ISSUE-13 February 2020
[7] Endang Rudiatin, Anwar Ilmar Ramadhan (2018), Kekuatan Moral Dan Budaya, Mendukung Perekonomian Indonesia: Sebuah Gambaran Usaha Kecil Dan Menengah, E-Issn : 2623-0089, Journal Of Business And Entrepreneurship, Vol. 1 No. 1 Bulan Oktober Tahun 2018
[8] Domenico Cucinotta, Maurizio Vanelli (2020), Who Declares Covid-19 A Pandemic, Acta Biomed 2020; Vol. 91, N. 1: 157-160 Doi: 10.23750/Abm.V91i1.9397
[9] Abdul Hadi Ilman (2016), The Effect Of Foreign Direct Investment On Economic Growth In Indonesia, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, Jebi Vol. 1, No. 2, Pp. 18-24, 2016
[10] Rosdiana Sijabat (2016), E-Commerce Adoption: A Study On Opportunities And Challenges In Indonesia, Rosdiana Sijabat. E-Commerce Adoption:A Study On Opportunities And Challenges In Indonesia : 236-247, ISBN 978-602-17688-9-1, 2016
[11] Posmaria Sianturi (2017), Peran Ekonomi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Jurnal Inspirasi, Vol. 8 No. 2 September 2017, Hal. 51-55
[12] Nugroho, Hanantyo Sri (2018), Democratic Governance (Studi Mengenai Governability Dalam Pengembangan Umkm Berbasis E-Commerce Di Kotayogyakarta), Jurnal Ilmu Administrasi Publik 6 (1) (2018), Hal. 30-46
[13] Nashrullah Setiawan S.T., M.Sc., Famila Dwi Winati, Roy Enggar Achmadi, Yosa Permata Shafira (2016), Analisis Hubungan Antara Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Statistik (Studi Kasus Di Website E-Commerce Lazada), Seminar Nasional Ienaco-2016, ISSN: 2337-4349
[14] Arum Arupi Kusnindar, Juliono, Aditia Yudis P.(2018), Pemanfaatan E-Commercepada Umkm Di Kabupaten Pringsewu, Jurnal Kelitbangan Pengembangan Dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu Volume 3, No 2, Tahun 2018 Hal. 84-94
[15] Adystiana Yashinta (2017), Model bisnis E-commerce Produk Pertanian
(Studi kasus pada PT. Limakilo Maju Bersama petani), Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa, ISSN: 18298680, E-ISSN: 25990039, Vol. XIV, No. 2 Tahun 2017
[16] Ika Yunia Fauzia (2016), Pemanfaatan e-commerce dan m-commerce dalam bisnis di kalangan wirausahawan perempuan, Journal of, Business and Banking
ISSN 2088-7841, Vol. 5 No. 2, April 2016, pp. 237-256
[17] Ferdi Fathurohman (2018), Model Bisnis Kawasan Peternakan Kabupaten Subang, Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, Vol. 1 No. 1, Maret 2018 37-46
[18] David Adhitya, Marheni Eka (2016), Analisis Model Bisnis Pada Bisnis Sepatu Guten.Inc Menggunakan Model Bisnis Kanvas, Jurnal Sosioteknologi, Vol. 15, No 3, Desember, 2016
[19] Padian Adi Salamat Siregar (2019), Keabsahan Akad Jual Beli Melalui Internet Ditinjau Dari Hukum Islam, Jurnal Edutech, Vol. 5 No.1, Maret 2019, ISSN: 2442-6024, E- ISSN: 2442-7063
[20] Muhammad Yusri Ali, Dr. David Sukardi Kodrat, M.M., Cpm (2017), Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Pada Perusahaan Mitra Jaya Abadi, Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, Vol. 2, No. 1, April 2017
