STUDI PERBANDINGAN EFEKTIVITAS IKLAN FACEBOOK VERSUS IKLAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas iklan Facebook dengan iklan tradisional dalam meningkatkan brand awareness. Brand awareness menjadi faktor penting dalam membangun citra merek yang kuat dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam era digital, Facebook telah menjadi platform pemasaran yang populer dengan jangkauan yang luas dan kemampuan targeting yang canggih. Namun, iklan tradisional seperti iklan cetak dan iklan televisi masih digunakan secara luas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dengan kelompok kontrol acak. Dalam eksperimen ini, dua kelompok peserta akan diekspos pada iklan Facebook dan iklan tradisional secara acak. Pengukuran dilakukan sebelum dan setelah eksposur iklan untuk mengevaluasi perubahan dalam tingkat brand awareness. Data juga akan dikumpulkan melalui survei untuk memperoleh persepsi peserta terhadap kedua jenis iklan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas iklan Facebook versus iklan tradisional dalam meningkatkan brand awareness. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan kepada praktisi pemasaran mengenai pilihan strategi pemasaran yang lebih efektif dalam membangun kesadaran merek. Selain itu, penelitian ini dapat menyumbangkan pemikiran tambahan dalam bidang periklanan dan komunikasi pemasaran dalam era digital.
References
Fink, Matthias et al. 2020. “Effective Entrepreneurial Marketing on Facebook–A Longitudinal Study.” Journal of business research 113: 149–57.
Gruss, Richard, Eojina Kim, and Alan Abrahams. 2020. “Engaging Restaurant Customers on Facebook: The Power of Belongingness Appeals on Social Media.” Journal of Hospitality & Tourism Research 44(2): 201–28.
Kim, Taemin, Hyejin Kim, and Yunhwan Kim. 2019. “How Do Brands’ Facebook Posts Induce Consumers’e-Word-of-Mouth Behavior?: Informational versus Emotional Message Strategy: A Computational Analysis.” Journal of Advertising Research 59(4): 402–13.
Leung, Xi Y. 2019. “Do Destination Facebook Pages Increase Fan’s Visit Intention? A Longitudinal Study.” Journal of Hospitality and Tourism Technology.
Lin, Chiu-Ching. 2021. “Investigating Complimentary E-Marketing Strategy for Small-and Medium-Sized Enterprises at Growth Stage in Taiwan.” Information 12(9): 380.
Macarthy, Andrew. 2021. 500 Social Media Marketing Tips: Essential Advice, Hints and Strategy for Business: Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, YouTube, Instagram, LinkedIn, and Mor.
Önder, Irem, Ulrich Gunter, and Stefan Gindl. 2020. “Utilizing Facebook Statistics in Tourism Demand Modeling and Destination Marketing.” Journal of Travel Research 59(2): 195–208.
Pletikosa Cvijikj, Irena, and Florian Michahelles. 2013. “Online Engagement Factors on Facebook Brand Pages.” Social network analysis and mining 3: 843–61.
Rama, Daniele et al. 2020. “Facebook Ads as a Demographic Tool to Measure the Urban-Rural Divide.” In Proceedings of The Web Conference 2020, , 327–38.
Ramsaran-Fowdar, Rooma Roshnee, and Sooraj Fowdar. 2013. “The Implications of Facebook Marketing for Organizations.” Contemporary management research 9(1).
Ribeiro, Filipe N, Fabrício Benevenuto, and Emilio Zagheni. 2020. “How Biased Is the Population of Facebook Users? Comparing the Demographics of Facebook Users with Census Data to Generate Correction Factors.” In 12th ACM Conference on Web Science, , 325–34.
Spyratos, Spyridon et al. 2019. “Quantifying International Human Mobility Patterns Using Facebook Network Data.” PloS one 14(10): e0224134.
Yang, Mochen, Yuqing Ren, and Gediminas Adomavicius. 2019. “Understanding User-Generated Content and Customer Engagement on Facebook Business Pages.” Information Systems Research 30(3): 839–55.