TINGKAT PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK: KEPUASAN PASIEN IBU HAMIL DALAM PROSES RUJUKAN DI PUSKESMAS KEBAYORAN BARU, JAKARTA SELATAN

  • Riska Kurniawati Universitas Indonesia
  • Dien Ansari Universitas Indonesia
Keywords: Mekanisme Rujukan, Puskesmas, Kepuasan Pasien Hamil

Abstract

Jakarta memiliki banyak fasilitas kesehatan dan masih bekerja keras untuk mengurangi jumlah kasus kematian ibu. Puskesmas Kebayoran Baru, Jakarta Selatan telah mengembangkan sistem rujukan Pelayanan Obstetri Neonatal Neonatal Esensial Dasar yang terorganisir untuk pasien hamil, namun sampai saat ini belum ada evaluasi kepuasan pasien hamil yang dirujuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien hamil. yang dirujuk dari Puskesmas Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang dan unit analisis dalam penelitian ini adalah pasien hamil yang dirujuk dari Puskesmas Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hasil analisis sebagian besar pasien hamil menyatakan puas dengan proses rujukan baik informasi dari bidan, jarak tempuh rujukan, pelayanan rujukan, pemberian rujukan, pelayanan di rumah sakit penerima rujukan dan manfaat dari proses rujukan. Dalam penelitian ini, pasien juga menyatakan kurang puas dengan administrasi proses rujukan karena proses administrasi masih dianggap sulit sehingga administrasi rujukan mendapat nilai komposit terkecil. Disimpulkan bahwa Puskesmas Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dapat menyelenggarakan mekanisme proses pelayanan berjenjang rujukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur meskipun masih perlu perbaikan.

References

Aditama, T. Y. 2002. Rumah Sakit dan Konsumen. Jakarta : PPFKM UI.

BPJS Kesehatan, 2014. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan BPJS. Jakarta : BPJ.

Depkes RI, 2006. Pedoman Sistem Rujukan Maternal Neonatal, Jakarta : Depkes RI.

Dirjen Bina Upaya Kesehatan, 2013. Pedoman Penyelenggaraan Puskesmas Mampu PONED. Jakarta: Kemenkes RI.

Irasanty, G.D., Hakimi, M., Hasanbasri, M. 2008. Pencegahan Keterlambatan Rujukan Maternal Di Kabupaten Majene. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 11(3). 122-129.

Junaidi, S. 2002. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Murray, S. F., Pearson, S. C., 2005. Maternity Referral Systems In Developing Countries: Current knowledge And Future Research Needs. London. Social Science & Medicine. 62 (2006). 2205-2215. doi:10.1016/j.socscimed.2005.10.025.

Notoatmodjo, S. 2008. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni . Jakarta : Rineka Cipta.

Prastiwi, E. N., Ayubi, D. 2007. Hubungan Kepuasan Pasien Bayar Dengan Minat Kunjungan Ulang Di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi Tahun 2007. Makara, Kesehatan. 12(1). 42-46.

Rochjati, P., Anondo, D., Wijono, S.B., Santoso., Sugito T. 2007. Pemantauan Kematian Ibu Dan Kematian Bayi Baru Lahir Melalui Sistim Rujukan Terencana Di Kabupaten Nganjuk, Probolinggo, Dan Trenggalek Jawa Timur. Bul. Penel. Kesehatan. 35(3). 125-136.

Simba, D.O., Mbembati, N. A. A., Museru, L. M., Lema, L.E.K. 2008. Referral Pattern Of Patients Received At The National Referral Hospital: Challenges In Low Income Countries. East African Journal of Public Health. 5(1). 6-9.

Zaenab, Siti Noor. 2013. Sistem Rujukan dan Pengembangan Manual Rujukan KIA (Modul Program 1. Kebijakan Kesehatan Ibu dan Anak). Yogyakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Published
2022-02-24
How to Cite
Kurniawati, R., & Ansari, D. (2022). TINGKAT PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK: KEPUASAN PASIEN IBU HAMIL DALAM PROSES RUJUKAN DI PUSKESMAS KEBAYORAN BARU, JAKARTA SELATAN. JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE, 2(01), 1-11. https://doi.org/10.47080/joubahs.v2i01.1889