KUALITAS UDARA DALAM RUANGAN SEKOLAH (PM2.5, PM10, CO2, DAN HCHO) DAN RISIKO KESEHATAN PADA SISWA DI KOTA SERANG
Abstract
Lingkungan dalam ruangan merupakan lingkungan mikro yang penting bagi siswa yang menghabiskan 6-8 jam di ruang sekolah dan rentan terhadap polusi udara. Beberapa penyakit pernapasan dalam kelompok ini terkait dengan kualitas udara yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kualitas udara di lingkungan sekolah dan menilai risiko kesehatan pada siswa. Penelitian mengukur kualitas udara (PM2.5, PM10, CO2, dan HCHO) di tiga SD kemudian dilanjutkan dengan penilaian risiko kesehatan. Penelitian ini menemukan bahwa konsentrasi PM2.5 dalam ruangan (A 0,113 mg/m3; B 0,119 mg/m3; C 0,056 mg/m3) dan konsentrasi PM10 dalam ruangan (A 0,188 mg/m3; B 0,071 mg/m3; C 0,229 mg/ m3) melebihi nilai standar di semua sekolah dengan risiko kesehatan (HQ>1) untuk PM2.5 di semua sekolah dan PM10 di dua sekolah. Sedangkan konsentrasi karbon dioksida dan formaldehida masih aman dan tidak memberikan risiko kesehatan (HQ < 1). Skenario pengelolaan risiko kesehatan dari paparan PM2.5 dan PM10 adalah dengan mengontrol konsentrasi paparan pada ambang batas aman PM2.5 0,035 mg/m3; 0,043 mg/m3 dan PM10 0,144 mg/m3 untuk sebagian besar penduduk pada waktu sekolah normal. Disimpulkan bahwa kualitas udara seluruh SD dalam penelitian ini belum memenuhi standar nilai yang ditetapkan dan diperkirakan memberikan dampak kesehatan pada siswa sehingga diperlukan pengendalian risiko kesehatan.
References
Alves, C., Nunes, T., Silva, J., & Duarte, M. (2013). Comfort parameters and particulate matter (PM10 and PM2.5) in school classrooms and outdoor air. Aerosol and Air Quality Research. https://doi.org/10.4209/aaqr.2012.11.0321
Anderson, J. O., Thundiyil, J. G., & Stolbach, A. (2012). Clearing the Air: A Review of the Effects of Particulate Matter Air Pollution on Human Health. Journal of Medical Toxicology, 8(2), 166–175. https://doi.org/10.1007/s13181-011-0203-1
ATSDR. (2010). Addendum to The Toxicological Profile for Agency for Toxic Substances and Disease Registry Division of Toxicology and Environmental Medicine, (October).
Bo, M., Salizzoni, P., Clerico, M., & Buccolieri, R. (2017). Assessment of indoor-outdoor particulate matter air pollution: A review. Atmosphere. https://doi.org/10.3390/atmos8080136
Chuersuwan, N., Nimrat, S., Lekphet, S., & Kerdkumrai, T. (2008). Levels and major sources of PM2.5and PM10in Bangkok Metropolitan Region. Environment International, 34(5), 671–677. https://doi.org/10.1016/j.envint.2007.12.018
Leung, D. Y. C. (2015). Outdoor-indoor air pollution in urban environment: challenges and opportunity. Frontiers in Environmental Science. https://doi.org/10.3389/fenvs.2014.00069
Madureira, J., Paciência, I., Rufo, J., Ramos, E., Barros, H., Teixeira, J. P., & de Oliveira Fernandes, E. (2015). Indoor air quality in schools and its relationship with children’s respiratory symptoms. Atmospheric Environment, 118(July), 145–156. https://doi.org/10.1016/j.atmosenv.2015.07.028
Krawczyk, D. A., Rodero, A., Gładyszewska-Fiedoruk, K., & Gajewski, A. (2016). CO2 concentration in naturally ventilated classrooms located in different climates—Measurements and simulations. Energy and Buildings, 129, 491–498. https://doi.org/10.1016/j.enbuild.2016.08.003
Shaughnessy, R., Nevalainen, A., & Moschandreas, D. (2005). Carbon Dioxide Concentrations in Classrooms and Association with Student Performance: A Preliminary Study, 373–376.
U.S. EPA. (1989). Formaldehyde Chemical Assessment Summary. Integrated Risk Information System (IRIS), 1–16. Retrieved from https://cfpub.epa.gov/ncea/iris/iris_documents/documents/subst/0419_summary.pdf%0Ahttps://cfpub.epa.gov/ncea/iris2/chemicalLanding.cfm?substance_nmbr=419
U.S. EPA. (2005). IAQ Reference Guide. Retrieved from https://nepis.epa.gov/Exe/ZyPURL.cgi?Dockey=P1009QR0.TXT
U.S. EPA. (2012). Particle Pollution and Health, 2–4. Retrieved from https://www.epa.gov/sites/production/files/2016-04/documents/health_2012_factsheet.pdf
US-EPA. (2014). Framework for Human Health Risk Assessment to Inform Decision Making, 76. Retrieved from https://www.epa.gov/sites/production/files/2014-12/documents/hhra-framework-final-2014.pdf
US EPA. (2011). Inhalation Rates, Exposure Factors Handbook. Exposure Factors Handbook, (September), EPA/600/R-09/052F. https://doi.org/EPA/600/R-09/052F
WHO. (2003). Health effects of particulate matter. Retrieved from http://www.euro.who.int/__data/assets/pdf_file/0006/189051/Health-effects-of-particulate-matter-final-Eng.pdf
WHO. (2006). Air Quality Guidelines. Retrieved from http://www.euro.who.int/__data/assets/pdf_file/0005/78638/E90038.pdf
Wispriyono, B. et al. (2016). Pulmonary Function and Malondialdehyde (MDA) Content in Blood Due to Chromium Exposure Among Tannery Workers in Sukaregang, Garut. Research Journal of Environmental Toxicology, 10(3), 183–188. https://doi.org/10.3923/rjet.2016.183.188