KUANTITATIF PENGGUNAAN ALAT BERAT UNTUK ITEM PEKERJAAN GALIAN DAN TIMBUNAN (STUDI KASUS: PENINGKATAN JALAN KECAMATAN CIRUAS - LEBAKWANGI - PONTANG - TIRTAYASA) KABUPATEN SERANG

  • Bambang Hariyanto Universitas Banten Jaya
  • Dinihari Mulya Lestari Universitas Banten Jaya
  • Rizky Firdaus Universitas Banten Jaya
Keywords: Alat Berat, Produktivitas, Biaya dan Waktu

Abstract

     Pembangunan di Indonesia belakangan ini berkembang sangat pesat, terutama pada bidang konstruksi. Mulai dari pembangunan gedung, jalan, jembatan, sampai pembangunan bendungan. Sebagian besar pembangunan tersebut menggunakan alat berat. Alat berat adalah faktor penting di dalam proyek-proyek konstruksi, tujuan dari penggunaan alat berat adalah memudahkan dalam mengerjakan pekerjaan sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah pada waktu yang relatif lebih singkat. Ruang lingkup penulisan ini hanya dibatasi pada pekerjaan galian dan timbunan yang berkaitan dengan penggunaan alat berat Excavator, Dump Truck, Motor Grader, Three Wheel Roller. Pada penelitian ini dilaksanakan di proyek Peningkatan Jalan Penghubung Kecamatan Ciruas, Lebakwangi, Pontang dan Tirtayasa, menggunakan metode deskripsi analisis. Hasil dari analisis didapatkan alternatif I nilai biaya sewa dan jumlah alat 1 unit Excavator galian, 2 unit Excavator timbunan, 4 unit Dump Truck galian, 41 unit Dump Truck timbunan, 1 unit Motor Grader, 1 unit Three Wheel Roller dengan jumlah biaya sewa sebesar Rp. 1.452.952.528,36 dan waktu pengerjaan selama 541,99 jam.

References

Departemen Pekerjaan Umum, (2018). Divisi 3. Pekerjaan Tanah dan Geosintetik. Spesifikasi Umum 2018. Revisi 3, Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum, (1998). Pedoman Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan. Direktorat Bina Teknik. P2HSPP Suplemen P.5, Jakarta.
Efendi, D.S.H, dkk, Perhitungan Kebutuhan Alat Berat Pada Pekerjaan Tanah Proyek Pembangunan Pabrik Precast Di Sentul, Universitas Pakuan, Bogor.
Handoko, B.N, dkk, “Produktivitas Alat Berat Pada Pembangunan Jalan Ruas Jailolo - Matui Provinsi Maluku Utara”, Universitas Pakuan, Bogor.
Kholil Ahmad, (2012). Alat Berat. Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta.
Ramadhani, Afifah, dkk, (2017). Optimalisasi Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Galian Tanah Di Proyek Tol Nganjuk - Kertosono, Universitas Brawijaya, Malang.
Rochmanhadi, (1982). Alat - Alat Berat Dan Penggunaannya, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Rochmanhadi, (1995). Sifat-Sifat Tanah Dasar & Pemindahan Tanah Mekanis, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Rochmanhadi, (1992). Alat - Alat Berat dan Penggunaannya. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Rostiyanti, Susy F, (2008). Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. RINEKA CIPTA, Jakarta.
Sugiyono, (2018). Instrument Skor Penelitian, Jakarta.
Wilopo Djoko, (2009). Metode Konstruksi dan Alat - Alat Berat, Universitas Indonesia, Jakarta.
Published
2020-03-05
How to Cite
Hariyanto, B., Lestari, D., & Firdaus, R. (2020). KUANTITATIF PENGGUNAAN ALAT BERAT UNTUK ITEM PEKERJAAN GALIAN DAN TIMBUNAN (STUDI KASUS: PENINGKATAN JALAN KECAMATAN CIRUAS - LEBAKWANGI - PONTANG - TIRTAYASA) KABUPATEN SERANG. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 2(01), 29-40. Retrieved from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/josce/article/view/864