ANALISIS PELAYANAN GERBANG TOL EXISTING PELABUHAN MERAK BANTEN

  • Telly Rosdiyani Universitas Banten Jaya
  • Gunawan Noor Universitas Banten Jaya
  • Rizki Erlangga Sakti Universitas Banten Jaya
Keywords: Gerbang Tol, Kinerja, Waktu Pelayanan, Waktu Antrian

Abstract

Gerbang pelabuhan Merak yang terletak di Kota Cilegon berfungsi sebagai jalan akses menuju pelabuhan tersebut dan sebagai prasarana penyebrangan laut. Gerbang ini sangat berperan terhadap kelancaran arus lalu lintas, terutama di Kecamatan Pulo Merak. Dengan  penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan gerbang tol pada kondisi eksisting. Data yang diperlukan terdiri dari  data primer dan data sekunder. Metode analisa antrian yang dipakai adalah teori antrian FIFO. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui gerbang tol pelabuhan Merak masing-masing yaitu melayani kendaraan roda 2, kendaraan  ringan maupun  kendaraan berat. Hal ini dapat dilihat dari nilai waktu pelayanan existing kendaraan roda dua 44,0 detik dan tidak terjadi antrian. Untuk waktu pelayanan existing kendaraan ringan 57,24 detik maka jumlah kendaraan yang mengantri sebanyak -4 kendaraan dengan lama waktu mengantri sebesar -149,45 detik. Untuk waktu pelayanan existing kendaraan berat 51,39 detik maka jumlah kendaraan yang mengantri sebanyak -9 kendaraan dengan lama waktu mengantri sebesar -411,43 detik. Maka dengan  itu upaya meningkatkan kinerja pelayanan, dilakukan alternatif  pembukaan gerbang tol pada kendaraan ringan sebanyak 2 buah  gerbang, sedangkan untuk kendaraan berat sebanyak 1 buah gerbang.

References

Adi, Kadek. 2015. Evaluasi Kapasitas dan Waktu Pelayanan Pada Gerbang Tol Nusa Dua, Bandung – Bali. Politeknik Negeri Bali : Bali.
Ali, Nur. dan Ferdi, David. 2012. Studi Antrian Di Gerbang Tol Tamalanrea Seksi IV Makassar. Universitas Hasanuddin : Makassar.
Aryantha, Made. 2015. Analisis Antrian Gerbang Tol Pasteur Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
Gusnawan, Sketsa. 2017. Evaluasi Kinerja dan Pelayanan Gerbang Tol Existing Pelabuhan Bakauheni Beserta Pengaruh Jalan Tol Trans Sumatera Terhadap Gerbang Tol Existing Bakauheni. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : Cilegon
Hartono, Khris. “Konsep Kinerja”. 5 Januari 2011. http://cinusian.blogspot.com/2011/01/konsep-kinerja.html.
Hutahaean, Marthyn. 2007. Evaluasi Kapasitas dan Pelayanan Gerbang Tol Tanjung Morawa. Universitas Negeri Sumatera Utara : Medan.
Morlock, Edward K. 1988. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga : Jakarta.
Peraturan Mentri Pekerjaan Umum. 2005. Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol No. 392 Tahun 2005 Tentang Jalan tol. Jakarta.
Presiden Republik Indonesia. 1980. Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 1980 Tentang Jalan. Jakarta.
Sitanggang, Friska. 2011. Analisi Kinerja Gerbang Tol Pasteur Di PT. Jasa Marga (PERSERO).Tbk . Universitas Komputer Indonesia : Bandung.
Tamin, Ofyar Z. 2003. Perencanaan dan pemodelan transportasi Contoh Soal Dan Aplikasi. Edisi Kesatu . Institut Teknologi Bandung : Bandung
Wahyu, Hendra. 2015. Evaluasi Panjang Antrian Kendaraan Pada Pelayanan Parkir Dengan atau Tanpa Perubahan Pintu Keluar Parkir Solo Grand Mall. Universitas Sebelas Maret : Surakarta.
Published
2020-03-05
How to Cite
Rosdiyani, T., Noor, G., & Sakti, R. (2020). ANALISIS PELAYANAN GERBANG TOL EXISTING PELABUHAN MERAK BANTEN. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 2(01), 1-8. Retrieved from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/josce/article/view/862

Most read articles by the same author(s)