ANALISA TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE AMERICAN ASSOCIATION OF STATE HIGHWAY AND TRANSPORTATION OFFICIAL (AASHTO) DAN ANALISA KOMPONEN
Abstract
Jalan merupakan sarana teransportasi yang terbentuk untuk menghubungkan suatu daerah ketempat daerah lainnya. Jalan juga merupakan hal terpenting bagi masyarakat guna memajukan nilai pertumbuhan perekonomiannya. Dalam melakukan perencanaan tebal lapisan perkerasan lentur dangan menggunakan metode AASHTO dan Analisa Komponen sebaiknya mengetahui dasar – dasar terpenting untuk melakukan perencanaan dengan metede tersebut dan mengetahui nilai efisien terhadap biaya. Dalam Perencanaan ini, lapis permukaan (a1) menggunakan bahan Laston MS 744 Kg, lapisan pondasi atas mengguakan batu pecah kelas A dengan nilai CBR 100% dan lapisan pondasi bawah menggunakan sitry/pitrum kelas A dengan nilai CBR 80%. Dari hasil penelitian dengan metode AASHTO terdapat beberapa nilai masing – masing tebal lapis perkerasan lentur yaitu lapisan permukaan dengan Bahan Laston MS 744 Kg terdapat tebal 18,92 cm, lapis pondasi atas 13,60 cm dan lapis pondasi bawah 25 cm. sedangkan hasil perhitungan dengan menggunakan Analisa Komponen lapisan permukaan dengan Bahan Laston MS 744 Kg terdapat tebal 7,52 cm, lapis pondasi atas 20 cm dan lapis pondasi bawah 20 cm. maka terdapat nilai perbandingan dengan kedua metode tersebut. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode tersebut maka nilai efisiensi terhadap biaya akan diambil hasil perhitungan dengan metode Analisa Komponen. Nilai efisien terhadap biaya didapat Rp. 6.621.362.000,00.
References
Sukirman, S . 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya. Penerbit Nova. Bandung
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah 2002. Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur
Departemen Pekerjaan Umum 1987 Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen. Penerbit Yayasan Badan Penerbit PU
Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jakarta Selatan. Panduan Perhitungan Rencana Anggaran Biaya IPLT
Ardiyana RR dan Siswoyo. (2019) Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dan Anggaran Biaya Dijalan Pare-Kediri Kota Kediri. Rekayasa dan Manajemen Kontruksi Vol. 07 Halaman 113 – 124
Clark Son H. Oglesby, dan R. Gary Hick, 1988. Teknik Jalan Raya Penerbit Erlangga
Ir. Suprapto Tm, M.Sc. 2004 Bahan dan Struktur Jalan Raya. Penerbit KMTS FT Univesitas Gajah Mada.
Oeteno S, 2013. Analisis Struktur Jalan Perkerasan Lentur Pada Pembangunan Jalan Lingkar Selatan Pasuruan. Vol. 06, 118-136.
Yarsuddin, 2011. Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Ruas Jalan Paringin Puara Pitap Kabupaten Balangan Vol. 12, 73-77.