PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KUALITAS PENGAJAR TERHADAP KEBERHASILAN SISWA DI BIMBA AIUEO KETEWEL
DOI:
https://doi.org/10.47080/vfjhzn19Keywords:
Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kualitas Pengajar Terhadap Keberhasilan Siswa Di Bimba Aiueo KetewelAbstract
Keberhasilan siswa dalam perjalanan pendidikan tidak hanya terikat suatu upaya individu, namun juga terkena dampak oleh berbagai faktor eksternal, termasuk lingkungan belajar, kualitas pengajar. Lingkungan belajar dilembaga harus mendukung kenyamanan siswa untuk belajar, baik melalui suasana ruang kelas yang kondusif maupun hubungan sosial antara siswa dan pengajar. Lingkungan yang nyaman dan harmonis dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Kualitas pengajar dilembaga juga menjadi penentu utama dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian yaitu Menganalisis pengaruh lingkungan belajar dilembaga les terhadap keberhasilan siswa.Untuk memahami pengaruh kualitas pelayanan belajar kepada kesenangan siswa di BIMBA AIUEO unit Ketewel secara parsial.Untuk memahami apakah ketersediaan sarana belajar di BIMBA AIUEO sudah memadai dan nyaman bagi siswa.Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap siswa di BIMBA AIUEO Unit Ketewel. Penelitian memanfaatkan data primer yang dimana melakukan penyebaran kuesioner terhadap 45 responden sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang dipakai yaitu regresi linier berganda. Menurut hasil analisis, yang didapatkan pada variabel lingkungan belajar (X1) dan kualitas pengajar (X2) dengan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan siswa (Y), sebagaimana dibuktikan melalui hasil uji F dengan mempertimbangkan tingkat signifikansi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pengajar merupakan faktor krusial dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Pengajar yang memiliki kompetensi tinggi mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan kondusif, sehingga metode belajar mengajar berlangsung secara optimal dengan berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa.
References
Aini, N. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 1 Surodikraman Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Hsb, A. A. (2018). Kontribusi lingkungan belajar dan proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di sekolah.
Mariyana, R., & Setiasih, O. (2018). Penataan lingkungan belajar terpadu untuk meningkatkan potensi kecerdasan jamak anak. PEDAGOGIA, 15(3), 241-249.
Mujiyah, M. (1999). Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Dinamika Pendidikan, 6(1).
Pangestu, F. G., Suri, G. E., Fitri, M., Dewi, P. A., & Widjayatri, R. D. (2022). Strategi Pembelajaran Fun Learning Di Bimba Aiueo Di Kota Cilegon. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(1), 8-14.
Rahmi, Z. (2019). Lingkungan belajar sebagai pengelolaan kelas: Sebuah kajian literatur. E-Tech, 7(2), 390982.
Rusmana, D., Sarifudin, S., & Muslim, M. (2024). Peran Manajemen Pendidik Dalam Meningkatkan Minat Baca Di Bimbingan Belajar (Bimba) Aiueo Semplak Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 51-60.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.
Schaufeli, W. B., Salanova, M., González-Romá, V., & Bakker, A. B. (2002). The Measurement of Engagement and Burnout: A Two Sample Confirmatory Factor Analytic Approach. Journal of Happiness Studies.
Setiyani, M. D. N., & Wahyudin, C. (2023). Kualitas Layanan Pendidikan untuk Anak Usia 3-6 Tahun Melalui Program Sekolah Penggerak di biMBA AIUEO. Karimah Tauhid, 2(6), 2653-2659.
Sukria, R. D. K. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pengguna Jasa BIMBA-AIUEO Pabuaran Indah Depok (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).
Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam MataPelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 165–171.
Widyaningtyas, A., Sukarmin, Radiyono., W. (2013). Peran Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (1) 136-143.