PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA STMIK BANI SALEH TERHADAP KEPERCAYAAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.47080/tx5k4y39Keywords:
Kepercayaan, Pelayanan, Citra dan SPSSAbstract
Kualitas pelayanan dan citra pada perguruan tinggi merupakan salah satu indikator penting dalam melakukan penilaian terhadap respon pengguna baik mahasiswa maupun masyarakat. Persaingan yang semakin tumbuh di dalam dunia pendidikan serta tinggi nya pertumbuhan perguruan tinggi swasta dan kebijakan pemerintah tentang kebebasan penerimaan pada perguruan tinggi negeri menuntut hampir semua perguruan tinggi harus berani melakukan perubahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan citra nya. Dengan kita melihat salah satu indikator yaitu seberapa besar pengaruh citra dan pelayanan sebuah perguruan tinggi terhadap kepercayaan, maka kita akan mampu membuat perubahan apa saja dalam peningkatan mutu untuk meraih sebuah kemenangan dalam persaingannya. Teknik dalam pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengambilan data primer dan sekunder seperti studi pustaka dan kuisioner. Sedangkan pada teknik analisis hasil data menggunkan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan memiliki nilai 52,5 %. (2) Pengaruh citra terhadap kepercayaan sebesar 83,3 %.
References
Aminah, S. (2022). Manajemen Strategi Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus di Universitas Mercu Buana Jakarta). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Edastama, P. (2014). Pengaruh Kualitas Service terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Kecenderungan Berperilaku Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Jakarta. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 7(1), 129–152.
Hermawan, F. T. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda Di Komplek Graha Indah Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Muhardono, A., & Susilo, D. (2019). Teknik analisis regresi linear berganda dan important performance analysis untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja layanan akademik. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 5(2), 148–162.
Putro, B. S. W., Triastity, R., & Wardiningsih, S. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Dan Citra Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(3).
Rizki, I. A. (2024). Pengaruh Brand Image Perguruan Tinggi Terhadap Minat Siswa Man 1 Lampung Tengah Melanjutkan Studi Ke Uin Raden Intan Lampung. Uin Raden Intan Lampung.
Saady, T. A., & Rohmadi, Y. (2022). Penerapan Promosi Mulut ke Mulut dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di PPMI Assalaam Sukoharjo. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 5(1), 88–95.
Sulastri, T. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan mahasiswa serta implikasinya pada citra perguruan tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 1(1), 41–52.
Triwijayanti, N., Sanoto, H., & Paseleng, M. (2022). Pengaruh kualitas layanan pendidikan, budaya sekolah, citra sekolah terhadap kepuasan orang tua. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 74–80.