PENGARUH DIGITAL PAYMENT DAN PENJUALAN E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN DI MITRA AGEN JNE : (STUDI KASUS PADA AGEN JNE ROYAL SERANG, BANTEN)

Authors

  • Suheri Suheri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Syarif Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Arrum Fathia Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
  • Ahmad Najiyullah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya

DOI:

https://doi.org/10.47080/hesz8164

Keywords:

Digital Payment, E-Commerce, Pendapatan

Abstract

ABSTRACT

This research aims to analyze the influence of digital payments and e-commerce sales on revenue at JNE Agent Partners. In this research the author used a quantitative method with a questionnaire instrument distributed to 100 respondents.

The research method uses a quantitative approach with data collection techniques using questionnaires, interviews and documentation. The population of this research is JNE Royal Agent Partner customers, totaling 100 customers. The sampling technique uses a non-probability sampling method with saturated sampling or census type. as a measuring tool for sampling, with the help of Statistical Program for Social Science (SPSS) V.22 software.

Partial research results show that Digital Payment (X1) has a significant influence on JNE Agent Partner transaction income (Y) and E-Commerce Sales (X2) has a significant influence on JNE Agent Partner transaction income (Y). Simultaneous test results show that there is an influence of the Digital Payment (X1) and E-Commerce Sales (X2) variables together on JNE Agent Partner transaction income (Y). the contribution amounted to 30.7% and the remaining 69.3% was influenced by other variables outside the research model

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital payment dan Penjualan e-commerce terhadap Pendapatan di Mitra Agen JNE. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan instrument kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian ini yaitu pelanggan Mitra Agen JNE Royal yang berjumlah 100 pelanggan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode non probability sampling dengan jenis sampling jenuh atau sensus. sebagai alat ukur pengambilan sampel, dengan bantuan software Statistical Program for Social Science (SPSS) V.22.

Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa Digital Payment (X1) terdapat pengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan transaksi Mitra Agen JNE (Y) dan Penjualan E-Commerce (X2) terdapat pengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan transaksi Mitra Agen JNE (Y). Hasil uji simultan menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel Digital Payment (X1) dan Penjualan E-Commerce (X2) secara bersama-sama terhadap Pendapatan transaksi Mitra Agen JNE (Y). besarnya kontribusi sebesar 30,7% dan sisanya sebesar 69,3% dipengaruhi oleh variable lain diluar model penelitian.

References

Amelia Putri, et.al (2021) “Pemanfaatan Aplikasi Toko Online Terhadap Kebuthan Konsumen Selama Pandemi Covid19”, Jurnal umum-PE, Vol.9,2021,hlm2

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Astin Naomi Saekoko, Antonio E.L Nyoko, “Analsis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiomi (Studi Kasus PAda Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiomi Di Univestias Nusa Candana”. Jurnal Management, Vol 11. No 1, 2020, hlm 52.

BPS : “Statistik E-commerce 2022”

Chaffey,et.al. “Digital Marketing Strategy, Implementation and practice”(New York : Pearson Education, 2019), hlm 8.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Dedi Purwana, Rahmi, dan Shandy Aditya, “Pemanfaatan Digital Mariketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Duren Sawit”, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat

Gupta, A., & Agarwal, M. (2018). The role of e-commerce in shaping the future of logistics: A case study analysis. Journal of Supply Chain Management, Logistics and Procurement, 1(2), 159-176.

https://www.bps.go.id/id/publication/2022/12/19/d215899e13b89e516caa7a44/statistik-e-commerce-2022.html

Iskandar, “Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin di Kota Langsa “ , Jurnal Samudera Ekonomika, Vol 1, No 2, 2017,

JNE “ Profil Perusahaan” https://jne.co.id/profil-perusahaan

Kominfo, “Badan Penelitian dan Pengembangan SDM” Puslitbang Aptika dan IKP: 2019 https://balitbangsdm.kominfo.go.id

Laudon, K., Traver, C. E-Comemrce : business, technology, society (Prentice HallHigher Education, 2009).

Li, Y., Huang, X., & Jin, Z (2016). The impact of digital payment on e-commerce : Evidence form cross-country analysis. Electronic Commerce Research and Applications, 19, 44-53.

Neuman, W. L. (2017). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Boston: Pearson Education.

Nurlaili Hanu, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan PedagangKaki Lima di Kota Kuala Simpang”, Jurnal Samudera Ekonomika, Vol 1, No 1, 2017, hlm 76.

Puspita, Y. C. (2019). Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi Ovo. Jurnal Manajemen Informatika, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.

SoloPos Bisnis, “E-commerce Tumbuh Pesat, UMKM Milenial Mendominasi” https://bisnis.solopos.com/e-commerce-tumbuh-pesat-umkm-milenial-mendominasi-1536608

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

WAdnan, op.cit. “ Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morniaga di Kota.

Downloads

Published

2025-08-25

How to Cite

PENGARUH DIGITAL PAYMENT DAN PENJUALAN E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN DI MITRA AGEN JNE : (STUDI KASUS PADA AGEN JNE ROYAL SERANG, BANTEN). (2025). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 138-149. https://doi.org/10.47080/hesz8164