RANCANG BANGUN APLIKASI PELAYANAN KARYAWAN BERBASIS WEB DI PT ASIA CHEMICAL INDUSTRI

  • Huswatun Hasanah Universitas Banten Jaya
  • Rizki Fatullah Universitas Banten Jaya
  • Muhammad Rizqi Abdullah
Keywords: Asia Chemical Industri, HRD, Sistem Informasi, Waterfall

Abstract

Sistem HRD di PT Asia Chemical Industri saat ini sudah berbasis database yang terstruktur dan memiliki sistem informasi. Namun dalam sistem HRD sekarang belum ada sistem dalam pelayanan karyawan berbasis web, seperti penyajian informasi yang bersifat hak karyawan. Hal ini disebabkan sistem yang sudah ada hanya sistem absensi yang akan tetapi belum dapat memenuhi kebutuhan bagian HRD di karenakan sistem yang sudah ada hanya sistem absensi yang default dari mesin finger print dan untuk payroll hanya sebatas proses penggajian di mana aksesnya pun di miliki oleh bagian accounting di karenakan payroll masuk dalam sistem ERP perusahaan. Untuk PT Asia Chemical Industri saat ini pengembangan sistem di butuhkan para pengguna hingga ke penyajian pelayanan informasi dan untuk sekarang sistem yang masih berjalan masih belum bisa memenuhi kebutuhan pengguna hingga penyajian informasi khususnya bagian Karyawan. Untuk itu di butuhkannya sebuah pengembangan sistem informasi berbasis web. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk lebih mempermudah dalam mengakses data- data dan penyajian informasi yang diberikan oleh bagian HRD untuk para karyawan dan pihak-pihak yang membutuhkan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode Waterfall yang diawali dengan penelitian pada sistem yang sedang berjalan, analisa, perancangan, pengkodean, serta pemeliharaan sistem agar di dalam pengembangan sistem informasi ini sesuai dengan kebutuhan para pengguna dan kebutuhan user. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah mengenai pengembangan sistem informasi Pelayanan Karyawan yang ingin memberikan penyajian pelayanan informasi bagi setiap karyawan dengan cepat dan tidak terbatas oleh waktu.

References

Anshori, I. F., & Mulyawan, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web pada PT. Wibee Indoedu Nusantara. Jurnal Computech & Bisnis, 15(1), 25–30.

Ayu, I. G., & Saryanti, D. (2018). Perancangan Sistem Informasi Cuti Karyawan Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel. Prosiding SINTAK, 2, 374–381.

Hasanah, H., Fatullah, R., & Ilahi, I. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Laundry Pada Rumah Laundry Berbasis Android. 14(2), 2580–2582.

Hasanah, H., Syarifudin, A., & Hidayat, M. T. (2021). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan di PT Dian Swastatika Sentosa Serang. 05(02), 81–92.

Hawari, F. (2019). Sistem Informasi Pengajuan Cuti Karyawan Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter (Studi Kasus : Oakwood Premiere Cozmo). JUSIBI- (Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis), 23(1), 1–9.

Moenir, A., & Yuliyanto, F. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web dengan Metode Waterfall pada PT. Sinar Metrindo Perkasa (SIMETRI). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(2), 127–137.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Putra, S. H., & Taufiq, F. P. (2020). Perancangan Aplikasi Penggajian Karyawan pada CV . Contect Jaya Berbasis web dengan Metode Waterfall. 9(September), 18–27.

Ruslan. (2021). Sistem informasi absensi pegawai berbasis web pada kantor kelurahan sako palembang. Jurnal Sigmata, 9(1), 40–49.

Subiantoro, & Sardiarinto. (2018). Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis Web. Jurnal Swabumi, 6(2), 184–189.
Published
2022-02-22
How to Cite
Hasanah, H., Fatullah, R., & Abdullah, M. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI PELAYANAN KARYAWAN BERBASIS WEB DI PT ASIA CHEMICAL INDUSTRI. Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), 4(1), 1-10. https://doi.org/10.47080/iftech.v4i1.1853

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>