RANCANGAN MOCK-UP BAHAN BAKAR BERTEKANAN DALAM PENGUASAAN TEKNIK PERSONEL PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN

Authors

  • Mohamad Fathan Azka Fakhreza fakhreza Politeknik penerbangan indonesia curug

DOI:

https://doi.org/10.47080/3fak2x36

Keywords:

Mock-Up, Bahan Bakar Bertekanan, PKP-PK

Abstract

Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) merupakan komponen esensial dalam operasional bandar udara dengan tanggung jawab utama penanganan kecelakaan penerbangan. Salah satu tugas pokoknya adalah pelatihan personel, pelatihan sebelumnya menggunakan media pembakaran bahan bakar minyak (BBM) dalam drum. Metode ini dinilai kurang efektif karena sulit dikendalikan dan berpotensi mencemari lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang Mock-Up Bahan Bakar Bertekanan sebagai media pelatihan yang lebih aman, efisien, dan ramah lingkungan untuk personel PKP-PK. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) level 1, meliputi tahapan penelitian produk, perencanaan, pengembangan rancangan, dan validasi model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan yang dikembangkan mampu mensimulasikan kondisi kebakaran secara lebih realistis dan memungkinkan pengaturan intensitas api sesuai kebutuhan latihan. Alat ini mempermudah pelatihan taktik dan teknik pemadaman, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi personel PKP-PK dalam penanganan darurat serta memberikan kontribusi pada pengembangan metode pelatihan yang modern dan ramah lingkungan.

References

Amin, M., & Ananda, R. (2021). Sistem Kendali Jarak Jauh Robot Pemadam Api Dengan Menggunakan Sensor Flam Dan Sensor Mq Berbasis Motor Pompa. Journal of Science and Social Research, 4(2), 136–141.

Anton, A., ST, M. M., Wildan, N., SE, M. S., Yeti, K., Sutiyo, S., Thursina, A., & Putu, E. W. W. (n.d.). Enhancing Aircraft Firefighting Skills through Collaborative Practice for Improved Aviation Safety with BACAK BAE: Builder ARFF Controller Automation Kit-Be Awesome Every Time. Enhancing Aircraft Firefighting Skills through Collaborative Practice for Improved Aviation Safety with BACAK BAE: Builder ARFF Controller Automation Kit-Be Awesome Every Time.

Atie, J., Mokodongan, E. F., Djafar, A. G., & BJ, J. P. D. I. (2023). PERANCANGAN BANDARA KABUPATEN BANGGAI LAUT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. JAMBURA Journal of Architecture, 5(2), 111–118.

Fatmawati, R. (2009). Audit Keselamatan dan Kesehatan Kerja Proteksi Kebakaran Gedung. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 7.

Kalbuana, N., Hendra, O., Aswia, P. R., Lestary, D., Kardi, K., & Solihin, S. (2021). Pengenalan Unit Penanggulangan Keadaan Darurat Di Bandara Bagi Siswa SMK Penerbangan di Wilayah Lampung dan Sidoarjo. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 232–239.

Karmini, L., Novalia, N., & Kristiastuti, F. (2023). Evaluasi Kesesuaian Fasilitas Dan Peralatan Unit Pkp-Pk Di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal), 6(2), 1–10.

Pattiasina, N. H. (2018). Pelatihan proses pengelasan menggunakan mesin las listrik dalam upaya peningkatan ketrampilan pekerja di Desa Rumahtiga. Jurnal Simetrik, 8(1).

Sihotang, P. M., & Nufus, T. H. (2021). Studi Kasus Penyebab Kebocoran Engine Fuel Pump Pada Pesawat Boeing B737-800. Seminar Nasional Teknik Mesin, 11(1), 1360–1366.

Wahyudi, D. A. (2022). Analisis Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan Untuk Menghindari Terjadinya Hazard Di Area Apron Bandar Udara Sultan Muhamad Kaharudin III Sumbawa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 4887–4898.

WUSEF, Y. (2023). RANCANGAN PROTOTYPE PRESSURE FED FUEL FIRE TRAINER DALAM PENGUASAAN TAKTIK DAN TEKNIK PEMADAMAN PERSONEL PKP PK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU. Politeknik Penerbangan Palembang.

Downloads

Published

2025-08-21

How to Cite

RANCANGAN MOCK-UP BAHAN BAKAR BERTEKANAN DALAM PENGUASAAN TEKNIK PERSONEL PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN. (2025). JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE, 5(02), 207-213. https://doi.org/10.47080/3fak2x36