FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANTEN

Authors

  • Euis Fitria Universitas Banten Jaya
  • Fida Asfia, S.KM M.KM Universitas Banten Jaya
  • Nia Kurniatillah, S.KM M.KM Universitas Banten Jaya

DOI:

https://doi.org/10.47080/7c4dfv05

Keywords:

Mutu Pelayanan Kesehatan, Kompetensi Teknis, Akses Terhadap Pelayanan, Akses Sosial

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan adalah tingkat kesempurnaan layanan yang memenuhi kebutuhan pasien sesuai dengan standar profesi, kode etik, dan perkembangan ilmu pengetahuan. Mutu ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kompetensi teknis, akses layanan, perilaku petugas, dan unsur proses sosial. Keempat faktor ini berperan penting dalam membentuk persepsi mutu di mata pasien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, melibatkan 100 responden pasien rawat jalan yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kompetensi teknis (p = 0,038) dan perilaku petugas (p = 0,0005) dengan mutu pelayanan. Namun, tidak ditemukan hubungan signifikan antara akses layanan (p = 0,334) dan unsur proses sosial (p = 0,748) dengan mutu pelayanan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi RSUD Banten dalam meningkatkan mutu pelayanan melalui penguatan kompetensi teknis dan sikap profesional petugas, serta perbaikan akses informasi dan kemudahan prosedur.

References

Agustini, S., Wahyudi, A., & Priyatno, A. D. (2024). Mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Jurnal Aisyiyah Medika, 9(2), 261–282. https://doi.org/https://doi.org/10.36729/jam.v9i2.1262

Azwar, A. (2010). Pengantar administrasi kesehatan.

Bachruddin, S., Efendy, I., & Yuniati. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 7(1), 69–76.

Kelmanutu, L. S. (2013). DIMENSI MUTU PELAYANAN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH KABUPATEN MALUKU TENGGARA. Jurnal MKMI, 221–229.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2022. (2022).

Marampa, T. J. R., Nurhayani, & Marzuki, D. S. (2022). Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan puskesmas Batua Kota Makassar. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(3), 223–234. http://journal.unhas.ac.id/index.php/hjph/

Mukti, W. Y., Hamzah, A., & Nyorong, M. (2013). Pengaruh mutu layanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit woodward kota palu. Jurnal AKK, 2(3), 35–41.

Mutmainnah, U., Ahri, reza aril, & Arman. (2021). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP . Dr . Wahididn Sudirohusodo Makassar 2020. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 2(1).

Pratama, D. yulianti, & Mulyanti, D. (2023). MANAJEMEN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI UNIT REKAM MEDIS RUMAH SAKIT KHUSUS PARU KABUPATEN KARAWANG BELAS KATA. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Industri, 05(01), 38–49.

Riswan. (2013). Faktor Determinan yang Berhubungan dengan Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2013.

S.Tueno, N. (2014). Pengaruh kompetensi tenaga medis/para medis terhadap kualitas pelayanan di RumahSakit Umum Daerah (RSUD) Pohuwato. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 1(1), 43–54.

Sary, wiwiek indriany, Nurfardiansyah, & Septiyanti. (2021). hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan rawat inap peserta bpjs. Window of Public Health Journal, 01(05), 446–453.

Syarifah, A., & Rahayu, S. (2024). Systematic Review: Pengaruh Kompetensi Tenaga Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Administrasi RS Indonesia, 3(1), 26–35.

Widyastuti, N., Widjanarko, B., & Adi, mateus sakundarno. (2018). Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr . H . Soewondo kendal. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.14710/jmki.6.1.2018.39-49

Wijaya, H. (2014). Efektivitas komunikasi interpersonal terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.

Yulianti, Syamsuriyati, Satrianegara, m fais, & Latu, S. (2024). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Labuang Baji Makassar. Journal of Global and Multidisciplinary, 2(12), 3937–3950. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple

Downloads

Published

2025-08-21

How to Cite

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANTEN. (2025). JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE, 5(02). https://doi.org/10.47080/7c4dfv05