PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA AJAR BERBASIS LOKAL YANG KEKINIAN

  • Ma'ulfi Kharis Abadi Universitas Banten Jaya
  • Firdaus Firdaus Universitas Banten Jaya
  • Fitri Aida Sari Universitas Banten Jaya
  • Melinda Yanuar Universitas Banten Jaya
  • Huswatun Hasanah Universitas Banten Jaya
Keywords: media pembelajran, konten lokal, peningkatan kemampuan guru

Abstract

Kegiatan pembelajaran sudah mengalami pergeseran yang berawal dilakukan secara tatap muka atau pembelajaran langsung saat ini sudah bergeser terhadap pembelajaran yang lebih beragam. Saat ini pembelajaran tidak hanya tatap muka bisa dilakukan secara online dan hybrid bahkan media yang digunakan dalam pembelajaran sudah sangat beragam. Hal ini menjadikan guru harus lebih kreatif dalam memilih, mengembangkan dan menggunakan media belajar dalam kegiatan pembelajaran. Saat ini masih banyak guru yang belum terbuka terhadap media pembelajran. Media pembelajaran dapat dicari, dibuat atau dimodifikasi untuk digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam pembuatan media pembelajran berbasis loka. Guru seharusnya mengikuti pelatihan dan meingkatkan pengetahuan. Pengetahuan yang perlu ditingkatkan antara lain terkait media, penggunaan media dan konten lokal. Guru mengggunakan media pembelajaran untuk mempermudah kegiatan dan mempercepat penyerapan pengetahuan siswa. Diharapkan kegiatan ini memiliki dampak yang baik untuk guru dan siswa sehingga Indonesia lebih maju.

References

[1] A. T, L. Widaningsih and R. Minggra, "Puzzle game development as a learning media in learning outcomes of building construction basics," IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, pp. 1-6, 2020.
[2] A. W. Maulana, I. Wilujeng and H. Kuswanto , "Learning with the Social Media Assisted Science, Technology and Society Approach to Improve Self-Learning Motivation," IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series , vol. 1233, no. 012060, pp. 1-8, 2019.
[3] L. Rohmawati, "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA SAAT PANDEMI COVID-19," SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, vol. 8, no. 1, pp. 29-35, 2022.
[4] Y. Pramusinta, "PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS (PETA KONSEP) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI DARUL ULUM BOJONEGORO," At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 01, no. 01, pp. 69-87, 2017.
[5] S. and N. , "The Factor Analysis of Online Learning Barriers on Learning Evaluation Course During Covid 19 Pandemic," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1779, no. 012021, pp. 1-5, 2021.
[6] H. Sipahutar, F. Harahap, M. and M. Y. Nasution, "Online Learning in Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Medan: Lecturers' Preferences for Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1819, no. 012070, pp. 1-7, 2021.
[7] A. Hafidzatulistya and P. Jana, "Mathematics Teachers' Perceptions of Using the Internet for Online Learning," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1823 (2021), no. 012049, pp. 1-9, 2021.
Published
2023-12-12
How to Cite
Abadi, M., Firdaus, F., Sari, F., Yanuar, M., & Hasanah, H. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA AJAR BERBASIS LOKAL YANG KEKINIAN. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(02), 106-112. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v5i02.3165

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>